Jumat, 08 Mei 2009

KEBAKARAN DI AUSTRALIA

Kondisi sebagian wilayah di Australia pascakebakaran.

10/02/2009 05:27 - Australia
Kebakaran di Australia Diduga Disengaja

Liputan6.com, Victoria: Kebakaran hutan di Australia, telah menghanguskan lebih dari 2.200 kilometer persegi area di Negara Bagian Victoria dan merenggut sedikitnya 131 korban jiwa. Kebakaran juga membuat tidak kurang dari 750 warga Australia kehilangan tempat tinggal. Hingga saat ini, sisa-sisa kebakaran terlihat jelas di wilayah Victoria Selatan [baca: Korban Tewas Mencapai 128 Jiwa].

Sementara, para korban yang selamat dari kebakaran tampak masih terpukul. Sebagian dari mereka kini ditampung di pusat-pusat pertolongan darurat di sekolah-sekolah dan balai kota.

Polisi pun terus mengusut penyebab kebakaran. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan, polisi menduga sebagian titik api dalam kebakaran ditimbulkan dengan sengaja. Untuk pengembangan penyelidikan, polisi menutup Kota Kinglake dan Marysville. Di kedua kota ini terdapat belasan korban jiwa akibat kebakaran.

Namun, temuan indikasi kejahatan ini membuat kesal Perdana Menteri Kevin Rudd. Rudd menepis kemungkinan kebakaran yang menimbulkan 400 titik api ini dilakukan dengan sengaja.

Kebakaran hutan di Negara Bagian Victoria yang telah berlangsung lebih sepekan terakhir membuat pemerintah Australia mengerahkan tentara guna membantu ribuan sukarelawan untuk memadamkan api. Kebakaran ini diklaim sebagai musibah terburuk di Negeri Kanguru dalam 25 tahun terakhir.(ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar